Tentang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

VISI FKIP UQ

Visi FKIP UQ adalah Menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang unggul, profesional dan enterprener dalam mengembangkan konsep-konsep pendidikan sesuai dengan karakteristik budaya Indonesia dalam perspektif global dan berkarakter pesantren tahun 2044

Unggul dalam konsepsi pendidikan 1) desain dan implementasi kurikulum materi ajar-belajar, 2) desain dan produksi media ajar-belajar, 3) desain dan implementasi metode pembelajaran, 4) desain dan implementasi tata laksana pembelajaran, 5) desain dan implementasi pembelajaran sebagai hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.

Profesional dalam konsepsi pendidikan ; 1) pengelolaan pelaksanaan pembelajaran secara profesional, 2) pencapaian kompetensi yang berorientasi pada profesi, 3) pengembangan program studi dalam meningkatkankan kualitas profesi, 4) rekrutmen SDM mendasarkan pada kualifikasi profesi, 5) lembaga penjaminan mutu profesi.

Enterprener dalam konsepsi pendidikan ; 1) eduprener sebagai bagian dari sikap dan implementasi keunggulan, 2) eduprener sebagai luaran tambahan lulusan yang profesional.

Keunggulan, profesional dan enterprener yang dimaksud harus belandaskan pada karakter budaya ke Indonesia an dan kepesantrenan tanpa menafikan arus perkembangan global, nilai-nilai dasar pesantren meliputi « berkah, ikhlas dan ibadah » harus diposisikan sebagai potensi egalitarian dalam menerjamahkan aspek kebebasan ilmiah, kebebasan mimbar akademik dan kebebasan intelektual.

MISI FKIP UQ

Pada dasarnya, misi FKIP Universitas Qomaruddin sejalan dengan tugas Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pesantren dalam rangka ikut serta membentuk masyarakat Indonesia yang berahlak mulia, serta mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan dan kemaslahatan umat manusia
Dari prinsip tersebut, maka misi FKIP Universitas Qomaruddin adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan menerapkan sistem managemen fungsional terpadu, sinergis, akuntabel, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengembangkan konsep teori dan praktik pembelajaran sesuai dengan karakter manusia dan budaya Indonesia, perspektif Global dan berkarakter pesantren.
  2. Melaksanakan penelitian pendidikan dan pembelajaran yang dapat mendukung pengembangan kompetensi utama program studi serta penciptaan sikap eduprener lulusan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sinergis dengan program pendidikan dan penelitian serta relevan dengan kebutuhan masyarakat.

TUJUAN FKIP UQ

Tujuan fkip Universitas Qomaruddin Gresik adalah:

  1. Mencetak lulusan yang memiliki kemampuan mengembangkan konsepsi teoritis dan praktik pembelajaran, baik pengembangan materi ajar (curriculum), desain pembelajaran, media dan metode pembelajaran, serta pemikiran baru tentang pembelajaran dengan berorientasi pada karakter budaya Indonesia dan Global serta berkarakter pesantren.
  2. Menghasilkan produk-produk kreatif dalam bidang pendidikan dan pembelajaran sebagai hasil dari penelitian dan pengembangan ilmu sesuai dengan kompetensi utama program studi.
  3. Memiliki jiwa mengabdi serta mampu mencetak karya pengabdian dalam bidang pendidikan dan pembelajaran, dengan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

SASARAN FKIP UQ

Sasaran penyelenggaraan pendidikan FKIP Universitas Qomaruddin untuk program studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Matematika adalah sebagai berikut:

1. Sasaran dari tujuan pertama

  • Kurikulum disusun sesuai dengan standar KKNI dengan mempertimbangkan hasil analisa kebutuhan pengguna jasa lulusan prodi PMT dan PBI, serta transformasi kurikulum muatan institusi dengan standar Global sebagai pencirian PT dan Prodi.
  • Kualitas dan kuantitas Dosen 80% sesuai dengan bidang dan keahliannya yang terkait dengan prodi PMT dan PBI serta secara berkala meningkatkan Grade syarat dosen tetap dan tenaga kependidikan dengan menggunakan standar global.
  • Kualitas lulusan dengan standar kualitas kompetensi utama prodi dengan nilai minimal A = 3,25, mampu bersaing secara Global, ditandai oleh 80% lulusan diserap oleh lapangan kerja pada tahun pertama lulus serta mampu produksi secara masal serta memasarkan produk material desain, tehnologi dan, media pembelajaran untuk dimanfaatkan secara Global.

2. Sasaran dari tujuan kedua

  • Dosen tetap Prodi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Qomaruddin, terlibat aktif secara konsisten dalam penelitian individu, kelompok, maupun penelitian yang melibatkan mahasiswa, baik bertaraf Nasional dan Global.
  • Hasil penelitian Dosen dan Mahasiswa diunggah dalam E Jurnal Ilmiah.
  • Hasi penelitian Dosen dan Mahasiswa dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan pemerintah dalam menyelesaikan problem pendidikan bahasa Inggris dan pendidikan Matematika.

3. Sasaran dari tujuan Ketiga

  • Dosen dan mahasiswa secara aktif dan berkelanjutan melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bentuk pendampingan, pembinaan, pelatihan sesuai dengan bidang keilmuan PBI dan Pendidikan Matematika.
  • Dosen tetap menjadi tenaga tenaga ahli pada instansi pendidikan.
  • Mahasiswa memiliki jiwa mengabdi dan terlibat secara aktif dalam kegiatan pengabdian dan kemasyarakatan sesuai dengan karakter pesantren.