Program Studi Teknik Industri

Visi Program Studi Teknik Industri

Menjadi Program Studi Teknik Industri yang berkualitas, berjiwa entrepreneurhip dan menghasilkan lulusan yang kompetitif dan inovatif dalam manajerial sistem industri. Perumusan Visi program studi memiliki 4 kalimat kunci yaitu :

  1. Bekualitas, Program Studi Teknik Industri memiliki kualitas sumber daya yang unggul dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, memiliki berakhlakul karimah, serta memiliki kemampuan, keterampilan, dan keahlian yang sesuai dengan bidang ilmunya.
  2. Entrepreneurship, Lulusan program studi teknik industri mampu menciptakan peluang usaha mandiri dengan mengembangkan dan mengelola bisnis melalui kreativitas dan inovasi.
  3. Kompetetitif, Lulusan program studi Teknik Industri Universitas Qomaruddin memiliki jiwa kompetisi. Pengembangan melalui sistem pendidikan yang terencana, sistematis, dan berkelanjutan dalam rangka menghasilkan lulusan yang berprestasi di kancah kompetisi global.
  4. Inovatif dalam manajerial sistem industri, Lulusan program studi Teknik Industri Universitas Qomaruddin memiliki kemampuan inovasi dalam pengembangkan sains dan teknologi, khususnya untuk berkarya pada bidang ilmu Teknik Indutri yang diimplementasikan baik pada sistem industri manufaktur atau industri jasa.

Misi Program Studi Teknik Industri

Misi program studi merupakan langkah-langkah strategis program studi dalam mewujudkan visi program studi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi bidang Teknik Industri yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan di dunia industri.
  2. Melaksanakan proses pembelajaran berbasis Learning Outcome untuk meningkatkan kompetensi lulusan dan mewujudkan atmosfer akademik yang kondusif selaras dengan kebutuhan dunia industri.
  3. Melaksanakan penelitian yang inovatif dan adaptif di bidang Teknik Industri dalam rangka memberi kontribusi bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang aplikatif sesuai pengembangan sistem industri dalam rangka meningkatkan kualitas hidup manusia dan pemberdayaan masyarakat.
  5. Mengembangkan jejaring dengan stakeholder dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi secara berkesinambungan untuk mewujudkan pembelajaran berkelanjutan dan berkesinambungan.

Tujuan Program Studi Teknik Industri

Tujuan diselenggarakannya Program Studi Teknik Industri adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengidentifikasikan, memformulasikan dan memecahkan permasalahan perancangan maupun perbaikan sistem integral yang terdiri dari manusia, material, informasi, peralatan dan energi secara kreatif dengan menggunakan alat-alat pokok analitikal dan komputasional.
  2. Menghasilkan inovasi riset yang berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mempublikasikannya pada masyarakat akademis.
  3. Mampu mengimplementasikan hasil-hasil pemecahan masalah dan mempunyai wawasan luas, sehingga dapat memahami dampaknya terhadap masyarakat dalam konteks sosial, lingkungan dan konteks lokal maupun global.
  4. Mampu beradaptasi terhadap teknik dan alat analisis baru yang diperlukan dalam menjalankan praktek profesi keteknik-industriannya.
  5. Melakukan komunikasi secara efektif dengan berbagai pihak.

Sasaran Program Studi Teknik Industri

  1. Mengembangkan proses belajar mengajar yang kreatif, inovatif, berkualitas dan mengadopsi perkembangan industri.
  2. Menumbuhkan iklim akademik yang kondusif.
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas riset dosen dan mahasiswa.
  4. Meningkatkan peran serta dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Kerjasama dengan stakeholder untuk pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dalam rangka pembelajaran berkelanjutan

Profil Lulusan

Sarjana Teknik Industri berperan dibidang pengelolaan sistem industri, baik pada Industri Manufaktur maupun Industri Jasa, dimana aktivitas yang ditangani berorientasi mulai dari aktivitas hulu hingga hilir. Profil lulusan diperoleh dari hasil Tracer study pada alumni Teknik Industri Universitas Qomaruddin. Melihat profil lulusan tersebut, kemudian dapat diidentifikasi keahlian yang harus dikuasai oleh masing-masing profil tersebut. Sarjana Teknik Industri berperan pada pengelolaan sistem industri, baik pada Industri Manufaktur maupun Industri Jasa, dimana aktivitas yang ditangani berorientasi mulai dari aktivitas hulu hingga hilir. penggambaran Profil Sarjana Teknik Industri Universitas Qomaruddin beserta keahlian yang harus dikuasai.