• Kode Program Studi  :    86208
  • SK Akreditasi             :    2312/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IV/2020
  • Peringkat                    :    B

Deskripsi

Prodi Pendidikan Agama Islam merupakan prodi yang menyiapkan mahasiswa agar mampu menjadi pendidikan agama yang memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di sekolah atau madrasah.

Visi

Unggul, kompetiti dan Beraasan pesantren yang dapat menjadi Rujukan pengembangan pendidikan agama islam pada tahun 2021

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang Pendidikan Islam secara profesional dan akuntabel;
  2. Mengembangkan pemikiran, teknologi dan pusat sumber belajar pendidikan Islam;
  3. Menjadikan pusat pengembangan Pendidikan Agama Islam yang berbasis pesantren; 
  4. Memberikan kontribusi terhadap pengembangan kualitas SDM Pendidik pendidikan Agama Islam

Kompetensi Prodi

PENDIDIK PAI

Pendidik Agama Islam pada jalur formal (Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan yang sederajat) dan nonformal (madrasah diniyah dan yang sederajat) yang memiliki kompetensi kepribadian, profesional, sosial, dan pedagogic

ASISTEN PENELITI

Pendamping peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran dan sosial keagamaan serta mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan pada pembelajaran PAI.

EDUPRENEUR

Mengembangkan kompetensi diri dalam bidang Pendidikan Agama Islam melalui perspektif enterpreneurship.

Capaian Pembelajaran

  1. KETRAMPILAN/KEMAMPUAN KERJA KHUSUS
  2. Menguasai prinsip-prinsip teori pendidikan pembelajaran Agama Islam yang mampu melaksanakan   pembelajaran agama secara inovatif.
  3. Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial dan mampu menyelesaikan hambatan-hambatan belajar.
  4. Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi Agama Islam untuk jenjang pendidikan dasar dan    menengah dan mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Agama Islam.
  5. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan    sumber belajar dan mampu menerapkannya dalam pembelajaran yang inovatif sebagai guru mata     pelajaran PAI.
  6. Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran PAI dan menerapkannya untuk mengukur keberhasilan belajar.
  7. Menguasai konsep dan teknik pembentukan perilaku keagamaan sehari-hari pada siswa dan warga sekolah berdasarkan nilai-nilai dan akhlak islami.
  8. Menguasai pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam pada jenjang dasar dan menengah. Memiliki kemampuan berbahasa asing (Bhs Arab dan Inggris) dalam percakapan sehari-hari.
  • PENGETAHUAN
  • Mampu menguasai teori-teori ilmu pendidikan, teori pembelajaran, perkembangan peserta didik, dan sosiologi pendidikan
  • Mampu menjabarkan bahan kajian pengembangan bakat, minat, kognisi, sosial emosional, bahasa, fisik motorik, dan seni.
  • Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran pendidikan agama Islam.
  • Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis TIK
  • Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan
  • Menguasai prinsip perencanaan dan pengembangan kurikulum pendidikan
  • Menguasai konsep teoritis pengetahuan, nilai-nilai agama dan moral untuk memecahkan persoalan sosial masyarakat

Dosen

NoNIDNNama DosenGelarJabatan AkademikPend.
1 2127128302ABDUL BASIRS.Pd,M.PdS2
2 2105028602FARIKHUL ANWARM.Th.I,LcAsisten AhliS2
3 2115046601MOH. MAGHFURM.Pd,DrsLektorS2
4 2117037301MUHAMMAD MAHBUBS.Pd.I,M.Pd.IAsisten AhliS2
5 2110048501MUHAMMAD NAJIBS.Pd.I,M.Pd.IAsisten AhliS2
6 2113108401NELY ROHMATILLAHS.Psi,M.PsiAsisten AhliS2
7 2118119401NILNA FADLILLAHS.Ag,M.AgS2
8 2103099401NUR INDAH ROFIQOHS.Pd,M.PdS2
9 2109027301SUNARTOM.Pd,S.Pd.IS2